Copyright © Yekti Ambarwati
Design by Dzignine
Sabtu, 15 September 2012

Tergantung Niat!!


"Jangan takut akan dikata sok suci atau dikata ri'a dalam menyampaikan sebuah kebaikan oleh lingkungan, jangan takut akan pujian maupun cacian karenanya. Jika itu adalah hal yang baik, maka sampaikanlah,"  kalimat ini disampaikan oleh Ustadz Syatori pada ceramahnya di KRPH yang lalu.

Berat juga memang bagi orang seperti saya, ketika dunia menyampaikan banyak negatifitas dan sayapun tak jarang mengikutinya. Namun, tinggal dilingkungan yang begini adanya. Bisa dibilang bebas dan jauh dari guru yang memang bisa mendidik cerdas tentang sebuah norma, etika dan moral, khususnya tentang kepercayaan yang saya anut.

Pernah, bahkan sering membaca kalimat sindiran di media sosial seperti twitter atau facebook bahkan di dunia yang bisa tatap muka secara langsung, padahal sama-sama menganut kepercayaan yang sama. Kalimat sindiran itu bermula ketika seseorang menulis status akan/telah shalat atau menyuruh shalat kepada yang lain, atau ketika sedang saum dia menulis mengenai saumnya di hari itu, lalu ditanggapi dengan sindiran yang intinya mencap seseorang yang menyampaikannya tergolong Ria, Soksuci ataupun Munafik. Ini memang terjadi dilingkungan saya.

Ada baiknya berbaik sangka pada sesama, apalagi ini kaitannya dengan seseorang yang kepercayaan seseorang itu adalah sama dengan kita. Apalagi tak ada yang tahu mengenai hati seorang manusia kecuali tuhannya. Begitu indahnya jika positifitas dan saling menasehati lalu menerima nasehat yang bahkan datang dari anak kecil sekalipun. Sekiranya dia adalah tukang pukul namun kadang menulis tentang kebaikan. Mungkin ada baiknya mengikuti kebaikan itu, dan tidak mengikuti sisi tukang pukulnya. Juga tak ada yang tahu tukang pukul itu akan menjadi orang yang gemar sujud diatas sajadah suatu hari nanti.

 Jika dan hanya jika ingin menjadi orang yang baik, ada baiknya pula jangan hinakan kebaikan orang lain dan proses untuk mencapainya. May be...!

0 komentar:

Posting Komentar